Pages

Translate

Monday 18 February 2013

profil SCG Muangthong United

PROFIL Klub ASEAN: SCG Muangthong United

Donny Afroni
19 Feb 2013 07:38:00
Tim redaksi Goal.com Asia menyajikan profil tim terbaik di Asia Tenggara, dan di edisi hari ini kami memperkenalkan SCG Muangthong United dari Thailand.

CATATAN   THANA WONGMANEE     PENYUSUN   DONNY AFRONI    
Di sepakbola, sukses di dalam dan luar lapangan tidak hanya didasarkan pada bakat pemain dan kecerdasan pelatih. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun perencanaan lewat struktur klub sepakbola yang tepat untuk bisa meraihnya.

Jadi, kami GOAL.com, akan memilih dan menyajikan catatan statistik, dan juga evaluasi struktural klub besar di Asia Tenggara, dan berusaha untuk menilai mengapa klub ini lebih unggul dibandingkan lainnya. Di edisi ini, kami menyajikan klub paling terkenal di Thailand, SCG Muangthong United.
SEJARAH KLUB

Mereka merupakan salah satu klub tersukses di Thailand. SCG Muangthong United adalah tim pertama yang mampu tiga kali menjadi juara Thailand Premier League (TPL), dan juga juara Piala 'Kor' satu kali. Di level kontinental, mereka mencapai semi-final Liga Champions Asia (LCA) 2010.

Klub ini didirikan dengan nama Nongjok Withayanusorn School pada 1989 oleh Worawi Makudi, yang kini menjabat presiden federasi sepakbola Thailand (FAT). Sebelumnya mereka memulai di Piala 'Ngor', kompetisi amatir terbawah di Thailand. Itu berlangsung sebelum Rawi Loethong, pemilik sindikasi Siam Sport yang merupakan taipan media olahraga terbesar di negara tersebut, mengambil alih pengelolaan klub pada 2007. Ia kemudian mengubah nama tim menjadi Muangthong Nongjok United, dan masa kebangkitan pun dimulai.

Muangthong secara luar biasa melewati tiga divisi dalam tiga tahun. Mulai dari Divisi Dua, Satu, dan akhirnya ke TPL. Mereka bahkan sukses mempertahankan gelar pada 2010, dan mencapai semi-final LCA di tahun yang sama.

Di 2012, Siam Cement Group (CSG) menandatangani kontrak sebagai sponsor, dan mengubah nama menjadi SCG Muangthong United. Mereka menjadi tim pertama yang menjuarai kompetisi kasta tertinggi Thailand tiga kali – kali ini tanpa terkalahkan. 

STADION

STADION YAMAHA Stadion ini sebelumnya disebut sebagai Thunderdome, karena lokasinya yang dekat dengan kubah. Setelah pengembangan klub yang luar biasa, mereka akhirnya mendapatkan sponsor pada 2009 – Yamaha. Stadion Yamaha menambah tiga tribun, dan sejumlah fasilitas. Renovasi berlanjut di 2010. Lapangan itu dibangun kembali dengan menanam rumput Paspalum, dan penambahan 9.000 tempat duduk. Pada 2012, namanya diubah menjadi Stadion SCG, dan kini berkapasitas 17.500 penonton.


KLUB AFILIASI


SCG Muangthong United menjadi salah satu klub yang aktif mencari afiliasi, baik lokal maupun mancanegara. Namun kerja sama dengan klub La Liga Spanyol Atletico Madrid yang dimulai pada 2010 menjadi sorotan utama.

Kerja sama antara Muangthong dan Atletico berkembang pada 2013, ketika striker nomor satu di negara itu, Teerasil Dangda, mendapat kesempatan menjalani try out dengan tim senior Atletico. Teerasil berlatih selama satu bulan bersama pemain seperti Radamel Falcao di bawah asuhan Diego Simeone.

Atletico juga menambah bantuan pengembangan pemain muda saat membawa sepuluh youngsters dari Muangthong ke Spanyol. Selain itu, mereka juga memperkenalkan Muangthong ke seluruh Eropa.

Klub bermarkas di Nonthaburi ini juga menjadikan Jubilo Iwata sebagai rekanan, dan belum lama ini melakoni laga persahabatan pada Januari.

PENGEMBANGAN PEMAIN MUDA


Saat pertama kali, mereka bergabung dengan akademi JMG di Thailand untuk membangun sebuah pusat pelatihan yang menyiapkan pemain mudah untuk ke level senior. Sekarang mereka telah mengembangkan sistem pembinaan, termasuk sekolah yang memiliki dasar kekuatan di sepakbola seperti Assumption Thonburi (yang pernah didatangi Teerasil dan Kawin), Pothinimit Withayakom, Satree Withaya 2, dan Sara Withaya.

Mereka meningkatkan pembinaan pemain muda dnegan mengirim para pemain bermain untuk Nakhonnayok FC di Divisi Dua pada 2013. Mereka juga mendatangkan Andrew Ord, mantan pelatih tim junior BEC Tero Sasana untuk menjalankan akademi.

“Saya menaruh kepercayaan kepada pemain muda potensial. Mereka semua mendapatkan berkah. Sudah jelas mimpi mereka adalah bermain di level senior,” ujar Andrew kepada Goal.com Thailand.

Di awal Februari, mereka mengirim sejumlah pemain muda, bersama seorang pelatih, ke Atletico Madrid dengan tujuan mematangkan mereka selama satu tahun.

PEMAIN KUNCI

Mario Djurovski Teerasil Dangda Kawin Thammasatchanan
Playmaker asal Makedonia ini bergabung pada 2012, dan sudah memantapkan dirinya sebagai pemain tak tergantikan di tim. 15 gol dan 14 assists yang sudah dibuatnya membukitkan dia memegang peranan penting dalam sukses Muangthong.
Dianggap sebagai striker terbaik di Thailand, Teerasil telah memperkuat Muangthong sejak di Divisi Dua. Setelah petualangannya di Manchester City, dia kembali, dan membantu tim merebut tiga gelar juara TPL. Musim lalu, dia mencetak 24 gol di TPL, sebuah rekor baru di liga tertinggi Thailand.
Penjaga gawang ini beruntung mempunyai kemampuan bagus. Dia menjadi pemain pertama SCG Muangthong United yang memiliki kesempatan bermain di Eropa. Bahkan, Manchester United dikabarkan sempat melirik kemampuannya.

MANAJEMEN

RONNARIT SUEWAJA - MANAJER UMUM

Ronnarit Suewaja adalah seorang pengusaha yang sangat mencintai sepakbola. Dia merupakan motor utama dalam manajemen, pemasaran, dan mendatangkan pemain ternama  klub.


SLAVISA JOKANOVIC - PELATIH

Pria berusia 44 tahun ini disangjung sebagai pelatih terbaik setelah membawa Partizan Belgrade menjadi juara liga dalam dua tahun. Petualangan pertamanya di Thailand berbuah kesuksesan ketika dia menjadikan Muangthong sebagai juara tak terkalahkan di musim pertamanya. Dia juga menjadi pelatih asing pertama yang terpilih sebagai pelatih terbaik, dan meraih penghargaan bola emas Siamkeela.


PREDIKSI GOAL.COM

Klub ini tak perlu pengenalan lebih berlanjut. Saat ini menjai klub nomor satu di Thailand.

Ini adalah klub yang dipenuhi kebanggaan dan kehormatan, terus bertambah kuat seiring berjalannya perkembangan persepakbolaan Thailand.

SCG Muangthong United memiliki manajemen profesional, dan mempunyai jangkauan luas. Tidak mengherankan bila The Kilins menjadi salah satu tim yang memiliki basis fans terkuat di Thailand.

Keperkasaan mereka akan diuji dengan lawan-lawan tangguh di LCA, dan begitu juga dengan tim-tim papan atas TPL, yang akan berusaha keras menaklukkan Muangthong United. Dengan kelengkapan yang mereka miliki, Muangthong lebih dari siap untuk menghadapi setiap tantangan di 2013.

Stadion RATA-RATA
Fasilitas 4
Sistem Pembinaan
Klub Afiliasi
Pemain Kunci
Manajemen


Ikuti GOAL.com Indonesia di twitter dan gabunglah bersama kami di facebook untuk menjadi bagian dari komunitas sepakbola terbesar di dunia maya!
www.masahmaddm.blogspot.com

Ditulis Oleh : Unknown // 19:35
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment

Text

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Pages

Powered by Blogger.

Followers

 

Blogger news

Blogroll

About